Minggu, 20 Maret 2011

kamu mau tau SEJARAH SONAR ? apa sih SONAR itu ? cekibrooot gan!!

mau tau SEJARAH SONAR ? apa sih SONAR itu ?

sonar banyak digunakan dalam segala hal terutama di bidang oseanografi fisika. kali ini saya akan membahas tentang sejarah sonar yang di aplikasikan dilaut. :)

Sonar adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh orang Amerika. Sonar merupakan singkatan dari Sound Navigation And Ranging. Sedangkan orang Inggris lebih suka menyebutnya ASDIC yang merupakan singkatan dari Anti Submarine Detection Investigation Committee. Tapi secara umum, bahkan di Indonesia juga, lebih sering digunakan istilah yang digunakan oleh Amerika, Sonar. Sonar adalah suatu metode yang memanfaatkan perambatan suara didalam air untuk mengetahui keberadaan obyek yang berada dibawah permukaan kawasan perairan. Secara garis besar sitem kerja sebuah peralatan sonar adalah mengeluarkan sumber bunyi yang akan menyebar didalam air. Bunyi ini akan dipantulkan oleh obyek didalam air dan diterima kembali oleh sistem sonar tersebut. Berdasarkan penghitungan kecepatan perambatan suara didalam air maka letak obyek didalam air tersebut dapat diketahui jaraknya dari sumber suara. Pada peralatan sonar yang lebih canggih, bentuk fisik ataupun bahan pembentuk obyek itu dapat diketahui juga.

Lalu, sejak kapan sonar sudah digunakan orang? Leonardo da Vinci, pembuat lukisan Monalisa yang terkenal itu, pernah membuat catatan harian yang menyatakan seperti ini : "Dengan menempatkan ujung pipa yang panjang didalam laut dan ujung lainnya di telinga Anda, maka Anda dapat mendengarkan kapal-kapal laut di kejauhan". Catatan ini dibuat pada tahun 1490. Berdasarkan catatan ini dapat dipastikan bahwa pada tahun tersebut sonar sudar dikenal orang. Penggunaan sonar seperti ini disebut dengan Sonar Pasif (Passive Sonar). Karena kita hanya menangkap bunyi yang dihasilkan oleh suatu obyek dibawah permukaan air, bukan merupakan pantulan bunyi yang kita buat seperti pada peralatan sonar jaman sekarang.

SONAR (Sound Navigation And Ranging)Penelitian tentang perambatan suara didalam air yang merupakan prinsip dasar sonar dilanjutkan Daniel Colloden. Pada tahun 1822 beliau menggunakan sebuah lonceng bawah air untuk menghitung kecepatan perambatan suara didalam air. Percobaan ini dilakukan di Danau Geneva, Swiss. Lalu penelitian selanjutnya dilakukan juga oleh Lewis Nixon. Pada percobaannya di tahun 1906, Lewis sudah menggunakan sistem sonar aktif. Penelitiannya ini sebenarnya bertujuan untuk mengukur puncak sebuah gunung es. Pada tahun-tahun berikutnya penelitian tentang sonar semakin berkembang maju. Terutama untuk tujuan kepentingan pihak militer. Terlebih ketika kapal selam mulai banyak digunakan dalam pertempuran di laut. Di bidang militer, peralatan sonar yang berfungsi sebagai pendeteksi keberadaan sebuah kapal selam dibuat oleh Paul Langevin pada tahun 1915.

Pada masa perang dunia pertama, pendeteksian keberadaan kapal selam musuh dapat diketahui dengan penempatan 12 Hydrophone (alat ini bekerja seperti microphone) yang diletakkan memanjang pada bagian bawah kapal laut. Ini bertujuan untuk menangkap sinyal suara yang berasal dari kapal selam. Pada masa itu orang belum menaruh perhatian penggunaan sonar pada bidang lain selain untuk kepentingan militer.

Pada saat perang dunia kedua berkecamuk, perkembangan peralatan sonar sudah semakin maju. Bahkan sonar juga mulai dipasang pada torpedo. Sistem sonar dapat menuntun torpedo ini meluncur kearah kapal musuh sebagai obyek tembak. Dan hasilnya jauh lebih akurat dibanding torpedo yang tidak dilengkapi dengan sistem sonar. Pada waktu itu, kemajuan ini benar-benar merupakan penemuan yang hebat.

Penggunaan teknologi sonar untuk kepentingan sipil mulai terlihat perkembangannya pada era 1970an. Pada waktu itu muali diadakan pembuatan sistem sonar yang disebut Analog Echo Integrator, dan Echo Counter. Peralatan ini sangat berguna untuk menentukan stok persediaan ikan di suatu kawasan perairan. Tidak lama kemudian beberapa negara seperti Amerika, Jepang, Norwegia, dan Jerman mulai mengembangkan peralatan Digital Echo Integrator Dual Beam Acoustyc System, Quasy Ideal Beam System, dan Split Beam Acoustic System yang semakin bisa keakuratan data bagi banyak penelitian sumber daya kelautan yang makin giat dilakukan oleh banyak negara. Penelitian sumberdaya kelautan ini misalnya bertujuan untuk menganalisa dampak lingkungan dalam exploitasi sumber laut, pemetaan dasar laut (Sea Bed Maping), menentukan lokasi pembangunan jaringan pipa atau kabel di dasar laut, menentukan lokasi pembuatan bangunan fisik ditengah laut, pencarian sumber-sumber mineral, mengindentifikasikan jenis lapisan didasar laut, pengukuran kedalam suatu kawasan perairan, dan banyak lagi.

Bagaimana penggunaan teknologi sonar di Indonesia? Seperti pada awal sejarah penggunaan sonar, di Indonesia pun sistem sonar digunakan pertama kali di bidang militer. Itu terjadi sejak pemerintahan Presiden Soekarno banyak membeli kapal-kapal perang beberapa negara seperti Amerika, Rusia, Italia dan Belanda pada tahun 1960an. Kabarnya sampai sekarang belum ada usaha-usaha yang serius dari pemerintah atau swasta di Indonesia yang mau melakukan penelitian untuk mengembangkan teknologi ini. Sangat disayangkan bila kabar ini memang benar. Sebab seperti kita ketahui, laut di Indonesia memiliki 2/3 luas yang lebih besar dibanding luas daratannya. Kawasan laut seluas ini seharusnya bisa dikelola dengan cara-cara yang profesional. Salah satunya adalah mengembangkan teknologi secara mandiri untuk menunjang tugas-tugas pengelolaan kawasan perairan kita, baik untuk kepentingan di bidang sipil maupun militer (pertahanan). Sehingga kita bisa segera melepaskan ketergantungan pada teknologi dari negara-negara maju.

21 komentar:

  1. nice info :D
    kalo di Indonesia selain buat bidang militer buat apa lagi yaa ?

    BalasHapus
  2. nice entri!
    ada sesuatu yang saya ingin tanyakan,berapakah batas kedalaman yang bisa dideteksi oleh alat sonar?
    terima kasih infonya!

    BalasHapus
  3. @ikfa : tentunya sonar ini dapat digunakan dalam penelitian kedalaman laut, pencarian fishing spot, dll. thx

    @mecha : tergantung dengan alat pemancarnya, semakin jauh dia memancarkan semakin dalam. untuk saat ini bisa sampai dasar laut terdalam. thx

    BalasHapus
  4. Kelebihan dan kelemahan sonar apa ya?

    BalasHapus
  5. @iwan :kelebihan ya untuk mengetahui kedalaman laut, apa saja yang ada dilaut, seperti yang saya jelaskan diatas. untuk kelemahan saat ini adanya alat yang mampu untuk tidak terdeteksi oleh sonar ini. thx

    BalasHapus
  6. nice info gan!

    dengan perangkat sonar yang baru berapakah kedalaman yang dapat dicapai????

    BalasHapus
  7. @bayu : jawaban sama seperti diatas, thx

    BalasHapus
  8. blog nya sangat menarik mas :)
    sekalian saya mau nanya, alat sonar ini dijual bebas ga ya? trus kira2 range harganya brp ya?
    thx in advt

    BalasHapus
  9. apakah Analog Echo Integrator dan Echo Counter diparalelkan dengan sonar atau dibagaimanakan? sebagai alat penunjang sonar dalam segi apa? yg mana yg digunakan untuk mengirimkan gelombang ke dalam lautnya?

    thank's infonya bro :D

    BalasHapus
  10. apakah sonar bisa menggangu mamalia2 laut (seperti lumba2 dan paus) yang juga mempunyai gelombang sonar?

    BalasHapus
  11. hmm , sonar tuh emang alat buat di air yg pake sistem gelombang suara dalam air. dikira ada juga sonar buat gelombang suara di udara . makasih fahmi infonya :)

    BalasHapus
  12. @refdy : kyknya di jual bebas, karna sonar itu bisa dalam bentuk apa saja. saya ambil contoh fishfinder. di jual bebas d toko alat pancing. untuk harga fishfinder kisaran 2 juta keatas, tergantung teknologinya, semakin bgus makin mahal

    @anditt : saya rasa bisa menggangu bsa tidak, karenan paus dan lumba" berkomunikasi dengan gelombang, dan sonar itu sendiri adalah gelombang.

    BalasHapus
  13. Ini sejarahnya ya? bagus sekali saudara fahmi infonya :)
    oiya mungkin saya hanya menambahkan, karena kajian ttg suara termasuk kajian saya,hhe
    jadi untuk masalah berapa dalam gelombang suara tersebut bisa mencapainya. hal tersbut bisa disesuaikan dengan kecepatan awal gelombang suara tersebut diluncurkan (dikeluarkan) melalui transducer karena di dalam laut terdapat banyak faktor yang dapat menambah, mengurangi maupun menahan gelombang suara tersebut di suatu zona atau wilayah.

    mungkin supaya lebih jelas lagi bisa mengunjungi blog saya.. :D :D
    marinescience64.blogsppot.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  14. Ini sejarahnya ya? bagus sekali saudara fahmi infonya :)
    oiya mungkin saya hanya menambahkan, karena kajian ttg suara termasuk kajian saya,hhe
    jadi untuk masalah berapa dalam gelombang suara tersebut bisa mencapainya. hal tersbut bisa disesuaikan dengan kecepatan awal gelombang suara tersebut diluncurkan (dikeluarkan) melalui transducer karena di dalam laut terdapat banyak faktor yang dapat menambah, mengurangi maupun menahan gelombang suara tersebut di suatu zona atau wilayah.

    mungkin supaya lebih jelas lagi bisa mengunjungi blog saya.. :D :D
    marinescience64.blogsppot.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  15. infonya bagus,semoga teknologi sonar ini dimanfaat oleh nelayan2 kita agar hasil tangkapannya lebih maksimal

    BalasHapus
  16. Menarik, ternyata sonar diawali oleh gagasan Da vinci ya...tapi sayang, "karir" dari alat sonar itu harus dimulai dari kegiatan militer tapi untungnya jaman sekarang sonar sudah lebih diperluas lagi penggunaannya terutama dalam bidang sipil

    BalasHapus
  17. sonar memang penting sekali untuk mengetahui topografi dasar laut. Terima kasih untuk Da Vinci.

    BalasHapus
  18. mi,,
    ko ga ada gambar2 nya? kan dengan gambar kita bisa lebih mengerti tentang sonar dan pemantulan gelombang sonar

    BalasHapus
  19. muhammad syafiq gumilang - 230210090007

    bener kata vivit, penyampaiannya udah bagus tapi gak ada gambarnya euy hehe

    BalasHapus
  20. tolong jelaskan pebedaan sonar dengan fishfinder?
    kalo fishfinder adalah pengembangan dari sonar,lalu apa kelebihannya dibandingkan dengan sonar...

    terima kasih...

    BalasHapus
  21. sorry baru balas bro, jrg nge blog lagi :P

    sonar itu semacam systemnya kalo saya bilang, sedangkan fishfinder adalah semacam produknya.. jadi sonar itu bisa di applikasikan ke berbagai macam hal. salah satu contohnya sebagai fishfinder.

    makasih.

    BalasHapus